CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
https://alawialbantani.blogspot.com/2018/07/contoh-rencana-pelaksanaan-pembelajaran.html
Oleh,
Erlis Maryandha, S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
AKUATIK
Nama sekolah :
Mata pelajaran :
Pendidikan Jasmani olahraga dan kesehatan
Kelas/semester :
Pertemuan ke- :
1 (Satu)
Alokasi waktu :
2x 20 menit
1.1 Standar
komptensi
Mempraktikan
gerakan dasar akuatik ke dalam permainan sederhana/aktifitas jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
1.2 Kompetensi
dasar.
Mempraktikkan keterampilan teknik dasar meluncur dari samping kolam renang dengan teknik serta nilai
disiplin, keberanian, tanggungjawab, dan kerja keras
A. Tujuan
pembelajaran
Siswa
dapat melakukan gerakan dasar meluncur.
B. Karakter
siswa yang di harapkan
-
Disiplin (dicipline)
-
Tekun (aligance)
-
Tanggung jawab (Responsibility)
-
Ketelitian (carefullnes)
-
Percaya diri (confidance)
-
Keberanian (bravery)
C. Materi
pembelajaran
Ø Renang
·
Teknik dasar meluncur
·
Permainan yang di modifikasi
D. Indikator.
Melakukan
keterampilan gerak dasar renang.
E. Metode
pembelajaran
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktek
1.3 langkah-langkah
pembelajaran
A. kegiatan
awal
§ Guru
menyuruh peserta didik untuk berbaris 2 saf.
§ Guru
dan peserta didik berdo’a terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan
pembelajaran.
§ Guru
memeriksa kehadiran peserta didik.
§ Pemanasan
B. Kegiatan
inti.
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
1. Membagi
mahasiswa menjadi 2 saf di satu sisi kolam.
2. Melakukan
teknik meluncur, teknisnya antara lain :
a. Membagi
mahasiswa menjadi dua bagian di dua sisi kolam.
b. Berhitung,
untuk barisan 1 menggunakan angka 1 dan 2, sedangkan untuk barisan 2
menggunakan angka 3 dan 4.
c. Setiap
mahasiswa berpasangan , Melakukan teknik mengapung di pinggir kolam secara bergantian.
d. Melakukan
gerakan lanjutan dari mengapung ditempat, dengan meluruskan tangan terlebih
dahulu dilanjutkan dengan kaki, tugas pasangannya memegang bagian perut yang
melakukan gerakan.
e. Melakukan
teknik meluncur tanpa di bantu, dilakukan sesuai angka pertama dan dilanjutkan
dengan urutan angka selanjutnya sampai urutan akhir.
f. Terdapat
aturan main yang harus dilakukan oleh mahasiswa yaitu : bagi barisan 1 harus melebihi
startblok no.3, sedangkan barisan 2 harus melebihi startblok no.2.
g. Melakukan
variasi luncuran menggunakan formasi busur dan formasi bertangga.
3. Melakukan
variasi permainan.
v Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
1. Melakukan
gerakan meluncur dengan posisi badan streamline.
2. Melakukan
gerakan mengapung, dengan gerakan terperinci dari posisi tangan hingga kaki.
3. Melakukan
kombinasi gerak dasar akuatik dengan permainan :
a.
Menyentuh jempol kaki teman, hal ini dilakukan
untuk anak belajar menyelam dengan mengurangi rasa takut.
b. Mengambil kelereng yang dilemparkan ke kolam,
permaianan ini bertujuan agar siswa belajar menyelam untuk mengambil klereng
itu kembali.
v Konfirmasi.
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
1. Bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum di ketahui siswa.
2. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan pengaturan
dan penyimpulan.
C. Kegiatan
akhir (evaluasi)
Dalam kegiatan akhir, guru :
1. Mengumpulkan
siswa untuk mendengarkan penjelasan tentang materi yang telah di sampaikan.
2. Memperbaiki
tentang kesalahan-kesalahan gerakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil belajar.
D. Alat
dan sumber belajar.
a. Buku
b. Stopwatch
c. Peluit
d. kelereng
e. Kolam
renang
f. Pipa
plastik.
E.
Penilaian
1. Teknik penilaian psikomotor.
-
Dalam penilaian yang terkait dengan ranah psikomotor, yaitu dengan menggunakan
tes keterampilan.
-
aspek yang di nilai.
A. teknik penguasaan materi.
- keberanian
- penguasaan gerak
- kerjasama
NO
|
Nama
|
Penguasaan
materi
|
Sekor akhir
|
||
|
keberanian
|
Penguasaan
gerak
|
kerjasama
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 1. Keberanian 0-40
2.
penguasaan gerak 0-30
3. kerjasama 0-30
Jumlah
skor ideal = 100
Cimahi, Oktober 2013
Mengetahui
Penguji
Pengajar
__________________
...............................