Kamus Ekonomi Syariah Huruf X, Y, dan Z



Kamus Ekonomi Syariah Huruf X, Y, dan Z
X –
belum ada
        Y –
1.      Yaumul Burshah
Hari bursa; hari kerja normal saat transaksi bursa dilaksanakan.
2.      Yad ad-Dhamanah
Tangan yang menanggung; Titipan dengan resiko ganti rugi. Bank sebagai penerima simpanan dapat memanfaatkan wadi’ah untuk tujuan current account (giro) dan saving account (tabungan berjangka). Sebagai konsekuensi dari yad ad-dhamanah, semua keuntungan yang dihasilkan dari dana titipan tersebut milik bank (demikian juga ia adalah penanggung seluruh kemungkinan kerugian). Sebagai imbalan, si penyimpan mendapat jaminan keamanan terhadap hartanya, demikian juga fasilitas-fasilitas giro lainnya. Ketentuan pokok dalam operasional wadi’ah yad ad-dhamanah: (i) harta dan barang yang dititipkan boleh dan dapat dimanfaatkan oleh yang menerima titipan; (ii) karena dimanfaatkan, barang dan harta yang dititipkan tersebut tentu dapat menghasilkan manfaat, (iii) produk perbankan yang sesuai dengan akad ini yaitu giro dan tabungan.
3.      Yad al-Amanah
Tangan yang amanah; Titipan murni tanpa ganti rugi; Termasuk bagian dari wadi’ah (titipan). Dengan konsep wadi’ah yad al-amanah, pihak yang menerima tidak boleh menggunakan dan memanfaatkan uang atau barang yang dititipkan, tetapi harus benar-benar menjaganya sesuai kelaziman; Pihak penerima titipan dapat membebankan biaya kepada penitip sebagai biaya titipan. Ketentuan pokok pada operasional wadi’ah yad al-amanah: (i) harta atau barang yang dititipkan tidak boleh dimanfaatkan dan digunakan oleh penerima titipan; (ii) penerima titipan hanya berfungsi sebagai penerima amanah yang bertugas dan berkewajiban untuk menjaga barang yang dititipkan tanpa boleh memanfaatkannya; (iii) sebagai kompensasi, penerima titipan diperkenankan untuk membebankan biaya kepada yang menitipkan; (iv) mengingat barang atau harta yang dititipkan tidak boleh dimanfaatkan oleh penerima titipan, aplikasi perbankan yang memungkinkan untuk jenis ini adalah jasa penitipan atau safe deposit box.
Z –
4.      Zakat ‘Urud at-Tijarah
Zakat perdagangan (zaka on commerce); zakat atas hasil perdagangan dengan nishab sama dengan zakat emas, yaitu 95 gram emas, dan kadar zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% (atau 1/4 nya).
5.      Zakat az-Zira’ah
Zakat pertanian (zaka on harvest); Zakat yang dikenakan pada produk pertanian pada saat panen dengan nishab 750 kg; sebesar 10% bagi tanah yang hanya mengandalkan air hujan tanpa bantuan alat mekanik atau tanpa biaya; dan 5% bagi tanah yang mendapat air dengan alat mekanik atau dengan biaya.
6.      Zakat al-Wada’i
Zakat simpana uang (zaka on saving); Uang termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya apabila sudah terpenuhi syarat-syaratnya, dan kadar yang dikeluarkan adalah 2,5%.
7.      Zakat al-Fitrah
Zakat Fitrah (zaka fithr); zakat badan atau jiwa yang dikeluarkan berkaitan dengan berakhirnya bulan Ramadhan. Zakat fitrah wajib atas tiap-tiap yang bernyawa, besar, kecil, tua, muda, laki, perempuan, merdeka atau budak, yang mempunyai kelebihan makanan dari keperluan untuk sehari semalam bagi dirinya, keluarganya, dan binatangnya pada Hari Raya Fitri. Zakat Fitrah dikeluarkan satu tahun sekali, ukurannya 2 1/2 – 3 1/2 liter bahan makanan pokok setempat.
8.      Zakat ad-Dzahab
Zakat emas (zaka on gold); Emas termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya apabila telah memenuhi syarat-syaratnya. Kadar zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5%.
9.      Zakat al-Mihnah
Zakat profesi (zaka on income); Zakat atas penghasilan atau pendapatan atau jasa yang diusahakan melalui keahliannya, seperti profesi dokter, arsitek, ahli hukum, pengacara, pegawai, karyawan, dan lain-lain.
10.  Zakat
Suci, bersih dan tumbuh (zaka). Menurut istilah syara’ ialah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syara’. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang lima dan hukumnya adalah wajib.
11.  Zabun
Nasabah, pelanggan (customer); Pihak yang menggunakan jasa bank.


Related

Kamus Ekonomi 4402996010076517732

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item