CONTOH KUESIONER PENELITIAN
https://alawialbantani.blogspot.com/2019/06/contoh-kuesioner-penelitian.html
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Responden yang terhormat,
Dengan segala
kerendahan hati, saya memohon kesediaan Ibu/Bapak Guru meluangkan waktunya
untuk dapat membantu saya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kuesioner ini
yang akan saya gunakan sebagai data penelitian yang sedang saya lakukan.
Seluruh jawaban
yang Saudara/Saudari isi, akan saya gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan
penelitian ini.
Atas bantuan Ibu
dan Bapa Guru, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Erlis
Maryandha
NIM:
PETUNJUK PENGISIAN
KUESIONER
1. Bacalah
baik-baik setiap penyataan dan isilah sesuai dengan pilihan jawaban anda.
2. Berilah
tanda silang (X) atau checklist() pada kolom pilihan yang telah
disediakan
untuk
jawaban yang sesuai
dengan
pendapat
Ibu dan Bapa Guru.
Dengan
pilihan
alternative
jawaban
sebagai
berikut:
a.
Sangat
Setuju (SS)
b.
Setuju
(S)
c.
Ragu-ragu
(R)
d.
Tidak
Setuju (TS)
e.
Sangat
Tidak
Setuju (STS)
3. Kuesioner
ini baru dapat digunakan secara optimal, jika semua pertanyaan telah dijawab,
oleh karena itu saya sangat mengharapkan kesediaan Saudara/Saudari untuk
menjawab semua pertanyaan yang ada.
4. Jika ada pertanyaan yang kurang
dipahami, dapat
ditanyakan
kepada
pewawancara/peneliti.
IDENTITAS
RESPONDEN
Nama :---------------------------------------------------------------------------
Alamat :---------------------------------------------------------------------------
PendidikanTerakhir :
---------------------------------------------------------------------------
Jenis Home Industri :
---------------------------------------------------------------------------
JenisKelamin : ( L / P)*
Tmpt./Tgl. Lahir :---------------------------------------------------------------------------
*Coret yang tidak
perlu.
KUESIONER
No
|
Pernyataan
|
AlternatifJawaban
|
||||
Variabel X1 Gaya Kepemimpinan
|
||||||
1
|
Kepala Sekolah
(Kepala Sekolah) memiliki strategi yang jelas dan realistis
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
2
|
kepala sekolah
dalam menyampaikan Strategi pengembangan sekolah sangant jelas dan diterima
oleh semua guru.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
3
|
Saya percaya
bahwa tujuan yang ditetapkan kepala sekolah akan membawa perubahan yang lebih
baik.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
4
|
Kepala sekolah
selalu memberikan perhatian secara personal dan sangat memotivasi kerja saya.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
5
|
Kepala sekolah
selalu peduli terhadap setiap permasalahan yang terjadi pada anggota (guru).
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
6
|
Kepala Sekolah
sangat memperhatikan lingkungan kerja dan saya merasa nyaman dalam bekerja.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
7
|
Kepala Sekolah
memberikan motivasi kepada semua guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
8
|
Kepala Sekolah
selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada anggota (guru) menyelesaikan
tugas dengan tuntas
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
9
|
Kepala Sekolah
selalu mengajak seluruh anggota untuk berorientasi pada kualitas pendidikan.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
10
|
Kepala Sekolah
selalu mengajak anggota untuk bekerja dalam tim yang solid dan harmonis.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
11
|
Kepala Sekolah
selalu mamu menyelesaikan setiap konflik antar anggota
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
12
|
Kepala Sekolah
selalu menghargai setiap perbedaan pendapat untuk tujuan lebh baik
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
13
|
Kepala Sekolah
selalu mengajak anggotanya untuk menghormati perbedaan dan keyakinan.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
Variabel X2
Motivasi Kerja
|
||||||
14
|
Saya sangat
termotivasi mengajar karena kebutuhan hidup terpenuhi
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
15
|
Saya sangat
termotivasi mengajar karena kebutuhan pendidikan anak-anak terpenuhi
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
16
|
Saya sangat
termotivasi mengajar karena Kepala Sekolah saya sangat menyenangkan
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
17
|
Rekan-rekan
guru sangat menyenangkan sehingga membuat saya lebih nyaman
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
18
|
Saya senang
bekerja karena Lingkungan dan suasana sekolah sangat nyaman
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
19
|
Masa depan
saya terjamin karena ditempat saya mengajar terdapat tunjangan hari tua /
pensiun
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
20
|
Kepala Sekolah sangat memberikan perhatian
terhadap pekerjaan yang saya kerjakan
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
21
|
Kepala
Sekolah selalu memberikan perhatian secara personal tentang persoalan pribadi
yang sedang saya hadapi
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
22
|
Kepala Sekolah
tidak membeda-bedakan guru, semua guru mendapatkan perhatian yang sama
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
23
|
Kepala Sekolah
(kepala sekolah) selalu memperlakukan guru dengan baik dan sopan.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
24
|
Kepala Sekolah
(kepala sekolah) sangat memperhatikan dan menghargai prestasi yang didapatkan
guru.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
||
25
|
Kepala
Sekolah (Kepala sekolah) selalu memberikan dukungan kepada guru untuk
mengembangkan diri
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
26
|
Kepala
Sekolah (kepala Sekolah) memfasilitasi pengembangan diri guru
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
Variabel X3
Disiplin Kerja
|
||||||
27
|
Setiap
guru dan karyawan taat pada aturan Yayasan Darul Inayah
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
28
|
Saya selalu patuh pada etika mengajar
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
29
|
Saya
tidak pernah terlambat datang kesekolah
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
30
|
Saya
selalu patuh pada Norma di Masyarakat
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
31
|
Saya selalu menahan emosi ketika menghadapi
persoalan di sekolah
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
32
|
Saya
selalu sabar dalam menjalankan tugas meski itu berat
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
33
|
Tugas dari Kepala Sekolah selalu saya
kerjakan
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
34
|
Saya patuh pada aturan Kepala Sekolah meski
itu berat untuk dikerjakan
|
|||||
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
||
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
Variabel Y
Kinerja Guru
|
||||||
35
|
Saya
bekerja selalu berpedoman pada target yang harus dicapai sesuai dengan arahan
Kepala Sekolah
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
36
|
Target
yang saya buat atau saya terima dari Kepala Sekolah sangat menantang selagi
itu realistris
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
37
|
Kualitas
yang saya hasilkan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Kepala
Sekolah
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
38
|
Bagi
saya kualitas adalah mutlak harus dipenuhi
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
39
|
Untuk memenuhi kualitas yang baik, saya
selalu bekerja berdasarkan prosedur-prosedur yang ada
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
40
|
Siswa sangat puas atas kualitas mengajar
saya
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
41
|
Dalam
melaksanakan target saya selalu tepat waktu
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
42
|
karena
kualitas mengajar saya baik dalam mengajar, sehngga Orang tua siswa puas atas raihan niali
siswa.
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
43
|
Bagi
saya, penyelesaian kerja tepat waktu itu penting
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
44
|
Siswa
berprestasi itu karena cara mengajar saya benar sesuai dengan aturan yang
berlaku
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
45
|
Saya
selalu membuat laporan pengajaran (RPP) dan saya selalu bertanggungjawab
dalam mengajar
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
Variabel Z
Prestasi Siswa
|
||||||
46
|
Siswa
sudah trampil menggunakan media elektronik (komputer)
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
47
|
Siswa
mampu menguasai keterampilan dalam menggunakan alat peraga
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
48
|
Siswa
mampu membuat laporan kerja
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
49
|
Siswa
mampu membuat laporan hasil observasi
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
50
|
Siswa
mampu membuat laporan hasil diskusi kelompok
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
51
|
Siswa
mampu menganalisis data hasil observasi
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
52
|
Siswa
mampu menganalisis data hasil unjuk kerja yang telah dilakukan
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
53
|
Siswa
dapat mengevaluasi hasil belajar
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
54
|
Siswa
dapat menyebut kembali materi yang sudah disampaikan
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
55
|
Siswa
mampu memberikan contoh sesuai materi
yang telah diajarkan
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
56
|
Siswa
mampu menghargai pendapat orang lain
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
57
|
Siswa
mampu mentaati tata tertib sekolah
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
58
|
Siswa
mempunyai motivasi belajar yang tinggi
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
59
|
Siswa
mendapat nilai baik setiap pelajaran yang saya ajarkan
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
60
|
Semua
siswa diterima di perguruan negri
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
....
|
....
|
....
|
.....
|
||
61
|
Prestasi
siswa sangat dipengaruhi oleh kinerja guru
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
....
|
.....
|
.....
|
.....
|
.....
|
||